Sulawesi - Informasi Umum

 

 

Margasatwa & Ekologi

 

Sebagian besar dari pada tanah daerah Sulawesi Tenggara ditumbuhi oleh hutan yang belum tersentuh dan padang rumput. Ekosistim–ekosistim tersebut memiliki banyak jenis tanaman endemik, antara lain adanya berbagai macam anggrek.

 

 

 

 

Hutan dataran rendah

 

Spathoglottis plicata

 

Sebagian dari habitat yang luas ini telah dideklarasikan sebagai taman nasional atau disediakan oleh pemerintah sehingga dengan demikian secara resmi telah berada dibawah perlindungan. Pada daerah–daerah terpencil masih terdapat sejumlah spesies yang belum dikenal untuk diketahui dan dijelaskan.

 

Binatangnya kaya dalam ukuran jenis binatang kecil dan menengah:

 

Terdapat banyak kupu–kupu, burung, binatang melata (kadal), kelelawar, monyet, rusa, babi hutan, makis (tarsius) dan anoa yang langka (kerbau liar) hidup di kawasan hutan. Predator yang berbahaya sudah tidak ditemui lagi di seluruh pulau.

 

 

 

 

Memburu binatang adalah dilarang dalam kawasan yang dilindungi. Larangan ini adalah sepenuhnya dikeluarkan oleh pengawas binatang perburuan. Bagaimanapun juga, binatang–binatang yang ditangkap oleh orang pribumi adakalanya ditawarkan yang masih hidup (seperti burung) atau yang sudah mati sebagai souvenir (mussle, kupu–kupu, kumbang dan serangga lain).

 

 

 

 

Elang Sulawesi (Spilornis rufipectus)

 

Biawak

 

Untuk melindungi margasatwa yang terancam hampir punah, kami memohon kepada anda agar menahan diri untuk tidak membeli binatang sebagai souvenir dan tidak mengambil bagian dalam ajang kegiatan–kegiatan perburuan.

 

Beribu–ribu pulau dengan daya tariknya yang lengang yang memiliki pantai berpasir putih serta airnya yang jernih yang dikelilingi oleh  pemandangan yang mendebarkan, serta batu karang yang memang tidak terganggu.

 

 

Pada bagian timur pesisir Pulau Buton dan pulau–pulau kecil yang mengelilinginya seperti Wanci, Kaledupa, Tomia dan Binongko memperlihatkan beberapa pemandangan surga bawah laut yang lebih indah.

Pada pulau–pulau karang ini, air lautnya berjatuhan dibelakang batu karang dengan ketinggian sekitar lebih dari ratusan kaki, merupakan sesuatu yang menarik dan pada saat yang bersamaan akan menjadi pemandangan yang "menakutkan"!

 

Dalam melakukan kegiatan menyelam di pulau ini anda akan menyatakan kekagumannya akan kekayaan aneka ragam biota laut yang luar biasa: dimulai dengan biota kecil, keong yang berwarna–warni, cacing laut dan bintang laut, aneka jenis ikan dari berbagai warna yang menakjubkan dan anda bisa membayangkan tentang penyu laut, ikan wrasse napoleon dan ikan manta ray yang mengagumkan.

 

Bintang laut biru

Ikan harlekin

Karang lunak

 

 

Kembali ke halaman utama